Jumat, 09 November 2012

Artikel ( PEMIMPIN MUDA IDAMAN )


PEMIMPIN MUDA IDAMAN
By : Departemen Kepemimpinan dan Intelektual 2012
( UKMKP UP-FBS )
Sebuah iklan terkenal memopulerkan diri melalui motto singkat yaitu: Perubahan itu perlu. Tidak ada yang salah dengan isi motto tersebut, akan tetapi motto tersebut sepertinya mengharuskan kita untuk berusaha membuka mata dan mencoba mencampurkan isi motto tersebut kedalam jiwa kita, karna dimana dan kapanpun itu suatu perubahan akan selalu dicari oleh orang-orang yang ingin berubah, dan tidak menutup kemungkinan Indonesia juga membutuhkan suatu perubahan. Tetapi bagaimana caranya suatu perubahan dapat terjadi di Indonesia? Ada kalanya suatu perubahan selalu berkaitan erat dengan hadirnya seorang Pemimpin.
Dengan demikian siapakah pemimpin itu? Dia adalah para pemuda yang paling berbakat dan memiliki obsesi untuk melangkah kedepan. Pemuda adalah orang yang tidak hanya hidup pada saat ini tetapi juga memiliki segala kemungkinan untuk menjadi agent of change bagi para pendahulunya.
Para pemuda yang lebih berprestasi, progresif, dan inovatif dinilai bisa membawa perubahan terhadap negeri ini ke arah yang lebih baik dan mampu menyelesaikan permasalahan aktual Indonesia untuk selalu berhadapan dengan karakter konservatif, regresif, bahkan antidemokrasi.
Oleh prinsip demikian agaknya generasi tua harus memberikan kesempatan serta mempersiapkan junior-junior mereka untuk memimpin negeri ini. Para generasi tua harus menyempitkan pemikiran bahwasannya pemimpin muda adalah tokoh muda yang masih kurang akan pengalaman, idealis yang cenderung tidak realistis, meledak-ledak, kurang bijaksana dalam mengambil keputusan, dan sebagainya. Hanya saja jangan dilupakan bahwa kaum muda yang akan tampil ini bukan hanya sekadar muda dalam usia, tapi juga harus yang berkualitas, bermoral, demokratis dan berpandangan reformis.

Pandangan Khusus
Di negeri ini bukan hanya saja ada Wanita Idaman Lain (WIL), atau Pria Idaman Lain (PIL) ternyata, Pemimpin Muda Idaman juga menjadi berita acara kehidupan mayarakat Indonesia. Berbicara mengenai Pemimpin Muda Idaman (PMI), secara umum akan didapatkan beribu-ribu pendapat mengenai hal tersebut mulai dari kalangan professional, cendekiawan, kalangan politikus sampai kalangan masyarakat yang awam akan kehidupan akan membeberkan segala sesuatu apa yang ada dihati mereka mengenai pemimpin muda idaman mereka. Akan tetapi untuk mewakili sebagian pemikiran mereka, ada diuraikan beberapa hal yang menjadi tolak ukur dalam menentukan sebuah Pemimpin Muda idaman pada sudut pandang khusus.
Dengan tema Kepemimpinan Pemuda, dengan pasti setiap orang mempunyai sudut pandang tersendiri dengan kata “Pemuda”. Istilah pemuda menurut bung Karno dalam pidato kenegaraannya menjelaskan bahwa pemuda adalah sosok yang unggul, pilihan, bergairah, bergelegak dan bergelora secara fisik, psikis, intelektual, serta yang terpenting adalah sikapnya merespon sebuah keadaaan.
Dengan demikian meneruskan definisi yang dikatakan oleh bung Karno, dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa Pemimpin yang seharusnya menjadi idaman adalah seorang pemimpin bangsa yang harus memenuhi empat syarat modal utama agar ia mampu menata kembali sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni: memiliki kasih, visi, berani, dan mampu bekerja. Bagaimanapun, ia harus yang terbaik, meski terbaik dari antara yang jelek.
Pemimpin Idaman adalah pemimpin masa depan yang harus mempunyai nilai Kasih yang kental bagi rakyat Indonesia atau memiliki kesatuan hati untuk menata kembali sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberadaan seorang pemimpin bukan hanya sekedar pemegang otoritas semata, melainkan
            PMI harus rela menjadi seorang pelayan dengan arti, PMI bersedia tidak dianggap sebagai yang utama dan siap belajar tentang apa pun, dikarenakan di balik otoritas yang diembannya, ada tanggung jawab yang harus ditunaikan, yakni mengayomi dan melayani orang-orang yang dipimpinnya. PMI yang memiliki nilai kasih yang kental akan melakukan apapun pekerjaannya dengan usaha yang terbaik.
            Kemudian PMI harus memiliki Visi kedepannya bagi bangsa ini, bukan hanya berdoa bagi pemulihan bangsa ini, akan tetapi bertindak lebih cepat dalam memperoleh kepastian hidup bagi rakyatnya. Visi adalah tujuan dan idealisme seorang pemimpin. Sebuah visi yang sebelumnya telah dikatakan pada masa kampanye, seharusnya dinyatakan dengan cara yang benar. Jika tidak demikian, akan banyak rakyat yang akan mengalami kepahitan ataupun kekecewaan dan meragukan kualitas kepemimpinannya, padahal sebelumnya masyarakat Indonesia mempercayai kepemimpinan PMI tersebut. Dengan memiliki visi yang jelas dan terarah akan menjadikan PMI bersemangat melalukan pekerjaannya yaitu menjadikan bangsa ini maju dan sejahtera maka sangat diperlukan pemimpin bermutu di semua tingkat dan tidak hanya pada tingkat nasional, bidang politik , dan di semua bidang kehidupan.
Kebanyakan Pemimpin yang telah memimpin sering terjebak pada jabatan, bukankah sebuah jabatan sama sekali tidak menujukkan kualitas kepemimpinan seseorang. Banyak orang dengan jabatan tinggi, tetapi tidak memiliki kualitas kepemimpinan yang memadai.
Pemimpin muda idaman adalah pemimpin yang mempunyai komitmen untuk tetap setia pada kewajiban dan harus mewujudkannya. Komitmen tersebut harus didukung dengan sebuah pemikiran yang besar akan sebuah perubahan, berani bermimpi bagi Indonesia, dan akhirnya menciptkan sistematiska kerja yang efisien dan efektif.
Bangsa ini juga membutuhkan pemimpin yang berani memimpin kehidupan rakyatnya dengan mengelolanya sedemikian rupa sehingga unsur hak dan tanggung jawab baik di hadapan Tuhan maupun sesama, dapat kita penuhi dengan cukup. Seorang PMI memiliki keberaniaan yang lebih dari orang-orang disekelilingnya, yaitu berani take action dan mengambil keputusan dengan segala risikonya.
Bukan hanya memiliki Kasih, Visi dan keberanian seorang PMI haruslah menyatakan seluruhnya dengan cara mampu bekerja dengan sistem demokrasi secara faktual untuk memberikan pengaruh yang kuat terhadap keputusan atau tindakan.

Pandangan Umum
Cara yang paling mudah untuk mengidentifikasi seorang PMI adalah dengan mengenali karakter-karakternya PMI tersebut. Pemimpin muda idaman adalah pemimpin yang mempergunakan dan menghargai jalannya sebuah waktu. 
Pemimpin muda idaman harus memenuhi seluruh kriteria yang dibutuhkan oleh Indonesia, karna Indonesia mencari pemimpin yang jujur, disiplin, bertanggung-jawab, peduli, kesederhanaan, berani, gigih, ulet, kreatif, dan kebersamaan, harus berani bertransformasi terhadap perkembangan jaman, mengasah diri dengan aktif menulis, harus kerja keras, berani hidup prihatin, tidak manja, rajin belajar, ulet dan mempunyai visi kedepan, harus banyak membaca, berani bermimpi dan berusaha mewujudkannya, selalu berfikir panjang, luas, dan mendalam. Figthing Spirit. Dan terakhir Cerdas dan Cekatan.
Dengan demikian akan muncul sebuah pertanyaan; Pemimpin apakah yang sebenarnya diperlukan oleh bangsa ini? akan terjawab sudah dan kapankah kaum muda akan memulai memimpin? Hanya kaum muda sendirilah yang berhak menjawabnya. Kaum muda yang tentunya akan menata kembali sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Jangan pernah berikan kepala Anda untuk dipimpin oleh orang yang bahkan tidak bisa memimpin dirinya sendiri. Sebuah harapan akan terurai supaya para pemimpin-pemimpin di bangsa kita tidak akan dipertanyakan integritasnya. Permasalahan kepemimpinan tersebut dapat membawa dampak buruk bagi rakyat yang dipimpin. Semoga kelak bangsa kita dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang memiliki integritas untuk membangun bangsa kedepan.

0 komentar:

Posting Komentar